Thursday, January 8, 2015

menjadi kaya ga bisa membeli cinta, tapi miskin juga ga bisa beli cinta

"menjadi kaya nggak bisa membeli cinta, tapi miskin juga nggak bisa beli cinta"

begitu kata Tung Dusem Waringin di seminar 1 harinya yang baru2 ini saya ikut. apatis, itu biasanya pikiran saya untuk hal2 motivator2 gitu. paling semangatnya cuma bakal seminggu. makanya pas disuruh ikut sih super males. tapi yah, karna bokap yang ngajak jadi iya aja deh.

tapi ga disangka, dia bukan cuma seorang yang memotivator. kayanya dia orang yang bisa ngubah mindset (atleast menurut saya). hahaha. dia orang yang sangat wise (lagi2 ini hanya kata tesa). n karna dia Kristen, pemikirannya juga 'kristen'. n bener aja, pas cerita ke nyokap pulang dari seminar, nyokap ngmg dia adalah orang yang baca alkitab. hats off, Pak!

nah kalimat lengkapnya gimana sih dia ngmg hal itu?

"bapak2 ibu2, banyak orang ngmg kaya ngga bisa membeli cinta. tapi bapak ibu harus adil! sekarang saya tanya balik ke bapak ibu: miskin bisa beli cinta ga? ga bisa toh? karna ga bisa, ya mendingan jadi kaya"

hahaha! super nice. 

n pulang dari seminar saya jadi flashback n found that its true!

12 hari lagi tepat saya 1 tahun kerja. dan sejak awal kerja, saya uda ga dikasih duit apapun sama ortu. mobil dipinjemin (kalo lagi ga dipake), tapi bensin isi sendiri, bayar parkir, bayar tol n kasih tips parkir n apapun ga pernah ambil dari duit di mobil yang berserakan, terus kalo sakit ke dokter ya bayar sendiri, beli printilan ini itu bayar sendiri. pokoknya ga dikasih duit sama sekali. 

n it kinda opens my mind. dulu saya orang yang super idealis. duit ga penting, yang penting tercukupi dan punya kerjaan yang disenengin. TAPI, itu pandangan orang yang mgkn selama idupnya uda tercukupi tanpa tau sesusah itu loh ngejar 'cukup' yang layak (ya kaya saya pada waktu itu dan mgkn juga temen2 lain yg belom prnah ngerasain cari duit sendiri). 

well, definisi 'layak' dan 'cukup' orang emang beda2. tapi, ini atleast definisi saya. definisi saya terpengaruh sama gimana saya hidup 20 tahun selama saya masih dibawah naungan ortu tentunya.:
- makan enak atleast seminggu sekali (forgive me, im a foodie. this comes to my thought the first)
- kalo sakit, ke dokter ngga pake mikir
- ngga mikir buat ngebantu orang
- ngga mikir untuk beliin mba barang ini itu kalo dari luar kota

apa yang terjadi setelah kerja saudara2?

- makan enak seminggu sekali mikir2 dulu (tapi akhirnya tetep makan enak, kadang bisa lebih dari seminggu sekali. SIGH. maap tesa emang demen makan)

- kalo sakit, super mikir ke dokter. (screw EY for having such a VERY BAD health care. beside having very-often-rejected health claims, the approved ones take VERY LONG to be processed. the fastest is 2 months. wth? 2 months??) mana dokter ortu mahal2, karna health care company mereka bagus ga pernah ngereject jadi ya dokternya yang oke2 n mahal2 hahaha. gaji se-saya mana bisa afford itu bapak2 dokter nan mahal? 

- bantu orang mulai mikir. it might sound wrong, it might sound extremely individualistic. but im being honest. haha. dulu ga pernah mikir kalo bantuin orang. ada sumbangan di gereja, kasih. di resto kasih tips, anak jual koran, beli. sekarang saya tetep sih, tapi jadi mikir. ini duit di bank tinggal segini, kalo nyumbang jadi tinggal segini, ntr mepet banget, blah blah blah blah blah. 

- mikir buat beliin mba barang kalo lagi di luar kota. well ini karna kalo saya ngasih kado prinsipnya sih 'it has to be special or nothing' (mgkn karna bahasa kasih saya itu hadiah, kalo kaya buku 5 languages of love or apa gitu judulnya). mknya ga prnah kasih oleh-oleh ke mba tuh gantungan kunci. ato tempelan kulkas (ntar akhirnya di tempel di kulkas rumah juga?) hahahha. ya sendal kek, baju kek, dompet kek, n ga yang beli 50ribu dapet seprentel jg, soalnya itu dia juga bisa beli. ya beliin lah yang dia ga bisa beli. jadi ya lumayan kalo beliin barang.

nah jadi saya setuju banget saudara2 sama si Tung Dusem Waringin. why?

- uang ga bisa beli kesehatan, tapi kalo sakit lebih enak punya uang lebih untuk berobat ke dokter yang emang bagus n sembuhnya cepet

- uang ga bisa beli tidur yang nyenyak, tapi kalo abis lembur sampe jam 2 pagi percayalah lebih enak tidur dan mandi di hotel bagus daripada di hotel jelek *sekalian curhat pernah dapet hotel super jorok dari client pelit hahaha :(* 

- uang ga bisa beli cinta, tapi percayalah kalo pacaran pas uda kerja itu harus mikir mau marathon bioskop karna bisanya cuma weekend n harganya jadi ajubileh. aplagi kalo marathon berarti hrs makan siang n malem di luar. jadi mendingan punya uang lebih jadi ga usah pake mikir kan ngedatenya?

- uang ga bisa beli napsu makan, n makanan enak ga harus mahal. setuju! tek2 tuh enak banget. tapi banyak makanan enak yang mahal.

- punya uang cukup tetep bisa nyumbang orang, tapi percayalah kita bisa nyumbang lebih banyak kalo kita punya banyak uang. 

- punya uang cukup berarti ga usah mikir mau ambil kelas CFA. belajar sndiri emang bisa, tapi saya percaya belajar dari orang lain yang bisa juga akan mempermudah

- punya uang cukup bisa bikin kita sekolah yang lebih bagus. pengen s2 ke luar bisa, pengen ke uni bagus nan mahal bisa. 

ini hanya hasil kesimpulan tesa, setelah ngerasain kerja 1 taun, dan ngerasain susahnya cari uang. hahahaha. 

kesimpulan laen: bersyukur itu susah. n itu adalah pelajaran seumur hidup. awal saya susah bersyukur. sekarang uda bisa bersyukur. jadi kalo dulu awal krja ngeluhhhh mulu, sekarang uda di tahap kalo itu adalah fakta dan kenyataan sehari2. jadi kalo cerita bukan bermaksud curhat, tapi sekedar sharing susahnya ngatur duit di awal peralihan masa2 'ditanggung ortu' dan 'ngidupin diri sendiri', dimana kita pasti masih pengen mempertahanin standard idup pas masih  tahap 'ditanggung ortu'. pdhal gaji ortu uda belasan kali lipat dari gaji kita di masa awal tahap 'ngidupin diri sendiri'. hahaha!

oh n fyi, kalo tentang bersyukur, saya setuju sama Pak Tung: jangan pernah bersyukur naif. kaya apa tuh bersyukur naif? misalnya kalo pake kasus saya ini, saya bersyukur gini 'bersyukur uda punya kerjaan, bersyukur uda bisa makan enak, bersyukur uda bisa ke dokter walaupun cashflow jadi minus. jadi ga usah lah cari kerjaan lagi yang lebih enak. toh disini uda cukup n uda punya temen yang enak. bersyukur! banyak orang yang mau kerjaan kamu, kog kamu malah cari krjaan laen?'. nah, itu bersyukur naif. hahaha. kenapa? karna bersyukurnya jadi ngga ada motivasi untuk lebih maju. 

terus gimana bersyukur menurut Pak Tung? oh ya harus bersyukur saya punya krjaan yang bnyk orang laen pengen tapi ga bisa masuk, bisa makan enak, bisa ke dokter, bisa naek mobil dipinjem papa mama. bersyukur itu HARUS kalo kata Pak Tung, idup kesiksa kalo ga bisa bersyukur. tapi, kita harus punya keinginan untuk maju juga. bersyukur punya chance untuk kerja di tempat yang lebih bagus, karna itu ambil lah chance itu!

nah karna perbedaan point of view bersyukur ini kadang saya berdebat sama papa mama. papa mama lebih ke bersyukur yang pertama, n daridulu prinsip bersyukur saya adalah bersyukur Pak Tung. saya bersyukur dengan apa yang ada sekarang dengan make the best out of it. contoh: dengan title 'lulusan luar' yang saya uda earned susah payah di Monash, saya bisa make the best out of it dengan cari kerja yang saya bisa best got by the degree (ga bermaksud ngecilin yang lulusan dalem, tp beberapa perusahaan gede prefer lulusan luar. nah, saya punya chance lebih gede, so why not take it?), jadi bukan cuma sekedar bersyukur uda dpt krjaan yang orang laen susah dapet trs pasrah gitu aja. 

jadi kesimpulan tesa yang lain: saya bersyukur dengan apa yang ada sekarang, tapi saya juga harus punya mindset yang (menurut saya) bener --> kerja yang bener! cari duit yang bener! cari kerja lagi yang lebih oke! n one time, you'll get there. 'there'nya apa? ya target masing2 lah. hahahaha. 

udah ah balik kerja. uda jam 8.50. uda korupsi waktu 20 menit hahaha. tp gpp ya lembur kan sering ga dibayar? #eh hahaha!


No comments:

Post a Comment